Jadwal Kapan Dimana Supermoon di Indonesia bisa dilihat?

SHARE
jadwal-kapan-dimana-supermoon-di-indonesia-bisa-dilihat

OptiDaily.com – Isu bencana besar kembali heboh setelah kabar bulan pernama yang terkesan lebih besar dan terang akan terlihat pada Senin malam, 14 November 2016. Fenomena yang disebut Supermoon ini kabarnya juga bisa dilihat diseluruh wilayah Indonesia sepanjang langit cerah.

Pengamat Astronomi dari Komunitas Langit Selatan Bandung, Avivah Yamani mengatakan Supermoon akan bisa dilihat apda 14-15 November 2016. Lebih lanjut Avivah menjelaskan bulan purnama, Supermooon 14 November ini akan terjadi sekitar 2,5 jam setelah bulan sudah berada di titik yang dekat dengan bumi.

Avivah menerangkan karena bulan berada pada jarak terdekat atau disebut dengan perigee. Piringan bulan terkesan lebih besar dari purnama-purnama biasa.

Dalam tulisannya dilaman Komunitas Langit Selatan Bandung, avivah menuliskan jarak terdekat bulan dan bumi terentang 356.490 kilometer. “Sekitar 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari purnama saat bulan di posisi terjauh dari Bumi (apogee).

Sementara itu, Supermoon berikutnya akan lebih dekat dengan bumi yang akan terjadi pada 26 November 2034. Saat itu jarak bumi dengan bulan sejauh 356.446 kilometer. Supermoon di Indonesia akan terlihat sejak bulan terbit pada pukul 17.39 WIB di ufuk timur sampai terbenam keesokan harinya pukul 05.52 WIB sesaat sebelum matahari terbit.

Pengamatan Supermoon bisa dilihat dirumah masing-masing dengan mata telanjang atau alat bantu melihat bulan purnama atau teleskop untuk melihat permikaan bulan yang akan menerangkan langit malam.

Avivah memberikan saran untuk anda yang ingin melihat Supermoon berada di tempat gelap dan bebas polusi cahaya. Itulah tempat terbaik untuk melihat bulan purnama (Supermoon).

Baca Juga: Jadwal Kapan Gerhana Matahari di Indonesia akan muncul?

Kabar Supermoon itu membuat banyak kalangan percaya bahwa akan adanya bencana alam dahsyat yang akan datang di bumi. Namun kabar itu masih diyakini sebagian orang untuk mencari sensasi saja. (fnf)

Wanita yang saat ini senang berbagi informasi mengenai berita, hiburan, wisata serta informasi lainnya yang dikemas dan disajikan secara menarik. Saat ini telah menjadi penulis portal berita online dari www.optidaily.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY