Penyebab Kulit Bayi Sangat Sensitif

SHARE
Penyebab Kulit Bayi Sangat Sensitif
Penyebab Kulit Bayi Sangat Sensitif

Semua bayi yang baru lahir hingga menginjak balita mempunyai kulit yang sensitif. Karena saking sensitifnya, membuat beberapa orang harus menggunakan produk khusus bayi seperti sabun, bedak, hingga deterjen khusus baju bayi. Namun dibalik sifatnya yang demikian, ia tetap menyimpan kelembutan dan kealamian.

Beberapa Penyebab Kulit Bayi Sangat Sensitif

Jika bayi Anda sering mengalami beberapa gejala mengenai masalah kulit, Anda tidak harus buru-buru khawatir karena memang semua itu merupakan hal yang umum dan bisa di atasi secara mudah. Bahkan hal itu bisa dicegah sekalipun, sehingga bayi tidak sampai mengalami beberapa permasalahan kulit.

Ada beberapa alasan mengapa kulit bayi mempunyai sifat yang rentan dan sensitive, terlebih terhadap bahan kimia. Berikut adalah beberapa alasannya:

  1. Kulit bayi lebih tipis

Para ahli berpendapat bahwa kulit bayi mempunyai struktur yang lebih sensitif. Kandungan pH pada kulit bayi bahkan mencapai 6-7. Tingkat keasaman yang demikian, membuat kulit bayi belum maksimal dalam menghambat pertumbuhan racun hingga bakteri yang masuk, sehingga mudah terkena iritasi.

2. Jaringan antar sel lebih longgar

Jaringan sel pada kulit cenderung lebih longgar yang memudahkan banyak hal masuk ke dalamnya, seperti serbuk bedak yang berlebihan dan lain sebagainya. Bisa dikatakan bahwa kulit bayi masih sulit menyaring zat-zat berbahaya. Tidak heran jika kulit bayi sangat sensitif dengan hal-hal yang mengandung bahan kimia secara berlebihan.

3. Sistem pertahanan kulit belum matang

Tentu saja kulit bayi sangat berbeda dengan orang dewasa, khusus dalam hal kematangan pertahanan. Strukturnya yang tipis membuat kulit bayi tidak cukup kuat untuk mempertahankan diri dari berbagai zat dan bakteri jahat yang masuk dalam jaringan kulit.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Beberapa ahli menyarankan agar Anda sebagai orang tua untuk tetap menjaga kesehatan kulit bayi mulai dari cara mencuci baju bayi yang baik dan benar hingga pembatasan penggunaan deterjen anti septik, pewangi, dan produk lainnya yang mengandung alkohol. Mengingat semua itu bisa memudahkan kulit bayi terkena iritasi hingga ruam.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY