Video Badai Cempaka di Pulau Jawa yang Tewaskan 19 Orang

SHARE
Video Badai Cempaka di Pulau Jawa yang Tewaskan 19 Orang

OptiDaily.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat untuk waspada akan adanya badai Cempaka yang dapat menimbulkan cuaca ekstrem di beberapa wilayah di pulau Jawa

Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan siklon Tropis Cembaka dapat menyebabkan cuaca ekstrem Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian selatan.

Sudah ada 19 orang yang dikabarkan tewas akibat Badai Cempaka ini. Ribuan rumah terendam banjir dan rumah-rumah mengalami kerusakan berat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  pun memperingatkan  masyarakat akan munculnya pusat tekanan rendah Badai Cempaka di Samudera Hindia selatan Jawa. Pusat tekanan rendah ini memicu timbulnya gelombang tinggi yang berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem terutama di Pulau Jawa bagian selatan diantaranya Kabupaten Banyumas, Cilacap, dan Kebumen, Jawa Tengah.

Proses Terjadinya Badai Cempaka

BMKG menjelaskan proses terjadi Badai Cempaka dimulai bibit awan yang berkumpul dan berpotensi terjadi hujan sangat lebat atau cuaca ekstrem yang dapat meningkatkan risiko bencana, banjir, dan tanah longsor.

Baca Juga: Daftar Titik Lokasi Wilayah Jakarta Yang Banjir

Pusat tekanan rendah juga memicu meningkatnya kecapatan angin hingga 20-30 knot sehingga rawan menyebabkan keruskan dan pohon tumbang. (gh)

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY