Arti Marga Siregar Untuk Kahiyang Ayu Istri Bobby Nasution

SHARE
Arti Marga Siregar Untuk Kahiyang Ayu Istri Bobby Nasution

OptiDaily.com – Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu resmi menjadi istri Bobby Nasution. Kahiyang dan Bobby sudah melanjalani serangkaian prosesi pernikahan Jawa di Kota Solo, Jawa Tengah, 8 November 2017.

Setelah menikah, Kahiyang akan diberikan marga Siregar oleh pihak keluarga besar suaminya di Kota Medan, Sumatera Utara.

Semua perisiapan telah dilakukan pihak keluarga Bobby untuk prosesi pemberian marga kepada Kahiyang Ayu.

Kahiyang menerima marga Siregar di kediaman paman Bobby, Doli Sinomba Siregar di Jalan Suka Tangkas atau Jalan STM Nomor 17, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, hari ini, Selasa, 21 November 2017.

Kenapa Kahiyang Ayu dapat Marga Siregar?

Dodi menjelaskan prosesi adat medan pemberian marga Kahiayang disebut Mangalehan Margo. Kahiyang mendapatkan marga Siregar karena Kahiyang adalah putri Solo yang tidak mempunyai marga.

Marga Siregar Kahiyang Ayu diberikan lantaran Ibunda Bobby, Ade Hanifah memiliki marga Siregar. Dengan kata lain, kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur. Sehingga pemberian marga diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, tulang atau sebutan kakak laki-laki ibunda Bobby.

Apa Arti Siregar?

kahiyang ayu siregar

Marga Siregar adalah anak bungsu dari 9 bersaudara yang terdiri dari 7 laki – laki dan 2 perempuan, anak keturunan dari Si Raja Lontung dan istrinya Si Raja Pareme.

Menurut riwayat silsilah Batak, Siregar atau Toga Siregar merupakan generasi keempat keturunan Siraja Batak.

Toga Siregar memiliki empat keturinan laki-laki yakni Silo, Dongoran, Silali, dan Siagian. Sementara marga Sormin dan Rotonga adalah nama marga yang berasar dari keturunan Tiga Siregar dimana Sormin dan Baumi merupakan keturunan dari Siregar Silo dan Ritonga dari anak turunan Siregar Siali.

Baca Juga: Apa itu Bleketepe di Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution?

Kampung asal Siregar berada di pinggir danau toba, tepatnya di Kecamatan Maura, Kabupaten Tapanuli Utara, dimana berdiri Tugu Siregar yang dibangun oleh para keturunan Siregar. (fnf)

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY