Manfaat Penyederhanaan Golongan Listrik 4.400 VA, Arcandra Tahar: Memberikan Kemudahan

SHARE
Manfaat Penyederhanaan Golongan Listrik 4.400 VA, Arcandra Tahar Memberikan Kemudahan

OptiDaily.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) akan menyederhanakan kelas golongan listrik.

Daya listrik 1.300, 2.200, dan 3.300 VA untuk rumah tangga nonsubsidi nantinya tidak ada lagi. Semua golongan tersebut akan disetarakan menjadi 4.400 VA.

Lalu apa manfaat bagi masyarakat bila golongan listrik menjadi 4.400 VA?

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengungkapkan rencana penyederhanaan listrik adalah memberikan kemudahakan kepada masyarakat.

Bisa Menggunakan Alat Elektronik Sekaligus

Terutama dalam penggunaan alat elektronik secara bersamaan yang membutuhkan kapasitas besar. Mengingat hampir di setiap anggota keluarga, alat elektronik sudah menjadi kebutuhan dan kepentingan.

Sederhananya, daya listrik 1.300 VA, pasang kulkas, AC, dan setrika akan membuat listrik mati mendadak. Oleh sebab itu kenaikan daya listrik ini mendukung kebutuhan masyarakat yang kian modern.

Menguntungkan Pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menangah (UKKM)

Masyarakat yang memiliki usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan diuntungkan dengan program penyederhanaan listrik ini. Sebab selama ini UMKM rata-rata adalah golongan 1.300 VA hingga 3.300 VA. Dengan kenaikan daya tanpa adanya biaya tambahan dan tarif listrik tidak akan naik per kWhnya, UKMK bisa berkembang dan memperolah daya listrik yang lebih besar tanpa biaya tambahan.

Mendorong Rumah Tangga Menggunakan Kompor Induksi

Kompor Induksi adalah kompor listrik. Kompor ini lebih aman karena memanfaatkan reaksi magnet dari energi listrik untuk menghasilkan panas. Daya kompor induksi sekitar 300 sampai 500 watt. Biaya kompor listrik jauh lebih murah dibandingkan penggunakan Elpiji 3 kg.

Baca Juga: Jadwal Kapan Listrik 1.300 jadi 4.400 VA? 

Dengan adanya rencana penyederhanaan daya listrik ini tentu membuat masyarakat akan tertarik untuk menggunakan kompor induksi yang aman dan murah dibandingkan penggunaan kompor gas. (ms)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY