Jadwal Kapan Listrik 1.300 jadi 4.400 VA?

SHARE
Jadwal Kapan Listrik 1.300 jadi 4.400 VA

OptiDaily.com – Pemberitaan soal rencana pemerintah akan menyederhanakan golongan pelanggan listrik non subsidi mewarnai awal pekan ini.

Meski begitu, rencana daya listrik 1.300 jadi 4.400 VA akan dihapus masih dikaji oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT PLN (Persero).

Dikutip dari keterangan resmi Kementerian ESDM, rencana penghapusan listrik daya 1.300 jadi VA 4.400 VA masih bisa berubah. Sebab pemerintah mempunyai hak untuk mengubah skema penggolongan tersebut ke 5.500 VA.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, angkanya penyederhanaannya cukup bergeser dari apa yang dirilis, Untuk  pelanggan listrik subsidi 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA, 4.400 VA, itu akan naik menjadi 5.500 VA.

Tidak hanya itu saja, keterangan resmi Kementerian ESDM itu juga menyebut golongan listrik rumah tangga yang ada nantinya hanya pelanggan listrik dengan subsidi (450 VA dan 900 VA subsidi). Pelanggan listrik non-subsidi .400 VA dan 13.000 VA, dan Pelanggan listrik non-subsidi 13.000 VA ke atas (loss stroom).

Dapat disimpulkan, golongan pelanggan listrik akan dihapus dan ditingkatkan kapasitas dayanya.

Disisi lain, menteri ESDM, Ignasiun Jonan mengatakan bahwa rencana ini tidak wajid diikuti oleh seluruh masyarakat. Pemerintah juga  tidak memaksa masyarakat untuk bersedia atau wajib menaikan daya listrik rumah tangganya. Artinya masyarakat mempunyai hak untuk memilih apakah daya listrik rumahnya perlu ditingkatkan atau tidak.

Baca Juga: 18 Juta Pelanggan Akan Di Stop Listrik Subsidi Oleh PLN

Kendati demikian, Kementerian ESDM dan PLN akan terus melakukan sosilisasi kepada masyarakat mengenai penyerdeharnaan golongan listrik. Tujuan peningkatan daya listrik, masyarakat tak harus takut atau khawatir lagi akan kekurangan listrik. (ms)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY