Daftar Orang Indonesia yang Masuk Paradise Papers

SHARE
Daftar Orang Indonesia yang Masuk Paradise Papers

OptiDaily.com – Sebuah penyelidikan investigatif terbaru diungkap ke publik. Penyelidikan tersebut disebut Paradise Papers.

Penyelidikan tersebut melibatkan nama pebisnis papan atas, pimpinan pemerintahan, tokoh politik, tokoh hiburan yang menyembunyikan kekayaan mereka guna menghindari pajak.

Selain paradise Papers, ada juga penyelidikan dengan nama Panama Papers yang diungkap tahun lalu. Dokumen itu diperoleh oleh surat kabar Jerman  yang akhirnya diminta oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) atau Konsorsium Jurnalis Investigatif untuk melakukan penyelidikan.

Dalam Paradise Papers, ada daftar nama orang Indonesia yang menghindari pajak diantaranya politikus Prabowo Subianto, dan anak mantan Presiden Soeharto, Tommy dan Mamiek Soeharto.

Golden Spike Pasiriaman Ltd dan eksekutif Kodel Group  Tommy dan Mamiek Soeharto

pajak tomy suharto

Tommy Suharto dan mitranya asal Australia mendirikan bisnis papak reklame pinggir jalan di Negara bagian Victoria, Australia, Filipina, Malaysia, Myanmar, dan Cina.

Perusahaan itu ditutup Bermuda pada 2003 dan dicatat di Appleby sebagai pengemplang pajak. Kala itu Mamiek disebut sebagai wakil presiden Golden Spike Pasiriaman Ltd dan pemilik sekaligus pimpinan Golden Spike South Sumatra Ltd. Ia menjalankan perusahaan bersama rekannya, Maher Algadri, eksekutif Kodel Group, salah satu konglomerat terbesar Indonesia zaman Soeharto.

Nusantara Energy  Prabowo Subianto

prabowo pajak

Dalam laporan ICIJ, Prabowo Subianto sebagai direktur dan wakil ketua Nusantara Energy Respurces, perusahaan yang didaftarkan di Bermuda. Perusahaan yang terdaftar pada tahun 2001 ini terdaftar sebagai debitur yang buruk.

Perusahaan Singapura yang juga bernama Nusantara Energy Resources sekarang menjadi bagian Grup Nusantara. Kendati demikian, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon membantah bila Prabowo mengindari pajak. Nusantara Energy Resources didirikan pada 2001hanya untuk administrasi bisnis dan tidak aktif sejak didaftarkan ke otoritas Bermuda.

Baca Juga: Apa itu Paradise Papers? Apa Beda Paradise Papers dan Panama Papers?

N.T.I. Resources Sandiaga Uno

pajak sandiaga uno

Nama wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno masuk dalam laporan Paradise Papers. Sandiaga Uno juga pernah mengakui bahwa ia memiliki saham di perusahaan offshore lain yang tercatat pada Paradise Papers, N.T.I Resources. Kendati demikian ia sudah menyakinkan sudah tidak terkait lagi dengan perusahaan di bidang eksplorasi migas tersebut. (ms)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY