Apa itu Paradise Papers? Apa Beda Paradise Papers dan Panama Papers?

SHARE
Apa itu Paradise PapersApa Beda Paradise Papers dan Panama Papers

OptiDaily.com – Paradise Papers adalah bocoran dokumen keuangan yang mengungkap data keuangan orang-orang kaya di seluruh dunia yang telah menanamkan investasinya di luar negeri agar membayar pajak rendah.

Dokumen tersebut berisi 13,4 juta data dokumen keuangan skala besar. Dokumen ini bisa dikatakan salah satu data yang besar dalam sejarah sebab melibatkan aset luar negeri dari politisi dan perusahaan terkemuka. Selain itu ada juga nama selebriti terkaya di dunia yang masuk dalam paradise papers.

Perbedaan Paradise Papers dan Panama Papers?

Menurut Andreas Harsono Salah satu anggota pendiri International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) atau Konsorsium Jurnalis Investigatif menjelaskan perbedaan Paradise Papers dan Panama Papers.

Paradise Paper adalah jutaan file yang berasal dari satu perusahaan yaitu Appleby.

Appleby adalah perusahaan penyedia layanan hukum offshore yang berbasis di Bermuda. Perusahaan ini memiliki fungsi untuk membentuk perusahaan di luar negeri dengan  menyediakan struktur yang membantu mengurangi tagihan pajak mereka secara legal atau tanpa pajak sama sekali.

Sementara itu Panama Papers sebagian besar dokumennya berasal dari perusahaan bernama Mossack Fonseca.

Kendati demikian, Appleby dan Mossack Fonseca keduanya sama-sama lawfirm yang membantu klien untuk membuka perusahaan cangkang di luar negeri. Dengan kata lain jika ingin membeli sesuatu di luar negeri, orang tersebut tidak perlu memakai nama asli. Semakin rahasia semakin mahal pula tarifnya.

Appleby adalah perusahaan hukum yang tarifnya paling mahal di dunia jika dibandingkan dengan Mossack Fonseca.

Baca Juga: Berapa Daftar Harga Tarif Baru Pajak Kendaraan Bermotor 2017 Naik

Mossack Fonseca sebagai salah satu firma hukum dan penyedia jasa penglolaan aset perusahaan yang berlokasi di Panama. Fokus utama dari firma hukum ini adalah perlindungan aset, perencanaan pajak dan properti. (ms)

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY