Jadwal Kapan Tarif Cukai Tembakau Rokok Naik Berapa Terbaru 2018?

SHARE
Jadwal Kapan Tarif Cukai Tembakau Rokok Naik Berapa Terbaru 2018

OptiDaily.com – Pemerintah berencana akan menaikan tarif cukai rokok tahun 2018. Kenaikan ini dilakukan demi dapat mengejar target penerimaan cukai sebesar Rp 155,4 triliun dalam Rancangan APBN 2018, sekitar Rp 148,23 triliun diharapkan bisa didapatkan dari Cukai Hasil Tembakai (CTH).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, kenaikan ckai rokok 10,04% merupakan hitungan yang ada pada APBN 2018. Darmin juga menjelaskan kenaikan cukai tembakau rokok tidak begitu tinggi.

Disisi lain, Ketua Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI), Budidoyo mengatakan kebijakan kenaikan cukai tahun 2018 harus rasional sebab bisa berdampak buruk terhadap kelangsungan bisnis industri tembakau. Melihat industri hasil tembakau dalam keadaan terpuruk.

Menurutnya volume produksi rokok setiap hari semakin menurun. Tercatat di 2016, volume produksi sudah turun sebanyak 6 miliar batang. Hingga pertengahan tahun 2017, volume itu turun hingga 5,4 miliar batang, dan diprediksi akan terus turun hingga 11 miliar batang sampai akhir tahun. Menurut Budidoyo diperkirakan tahun 2018 produksi rokok akan menurun hingga 10 miliar batang.

Budidoyo menjelaskan, tarif cukai rokok tahun 2017 sebesar 10.5%. Tarif ini menyebabkan volume industri rokok anjlok hingga 2%.

Baca Juga: Berita Rokok: Dampak Kenaikan Harga Rokok di Indonesia

Budidoyo juga berharap pemerintah tidak hanya bergantung pada hasil cukai tembakau sebagai sumber penerimaan cukai terbesar. Terlebih kondisi industri tembakau tahun ini tengah lesu. (dsp)

Manusia biasa yang berusaha jadi luar biasa, digital marketer yang bersemangat, tetap optimis, dan berusaha hidup sukses mulia dunia akhirat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY