Berapa Biaya Cerai yang Harus dipersiapkan? Ini 3 Macam Biaya Perceraian

SHARE
Berapa Biaya Cerai yang Harus dipersiapkan Ini 3 Macam Biaya Perceraian

OptiDaily.com – Mesti tidak ada pasangan yang ingin bercerai namun perpisahan akhirnya menjadi pilihan terbaik dalam sebuah pernikahan.

Ada banyak hal penyebab terjadinya perceraian dalam rumah tangga, namun ada banyak pula alasan yang menjadi penguat untuk segera bercerai.

Bicara soal perceraian bukan hanya masalah hati saja namun perekonomian sebab bercerai juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Jangan mengira proses percerain itu mudah, sebab proses perceraian harus dilewati selama berbulan-bulan dan juga menguras uang tabungan. Berikut ini biaya yang harus diperlukan untuk mengurus perceraian.

Pengacara

Pengacara atau advokat sangat dibutuhkan saat perceraian. Pengacara akan membantu mengurus kelengkapan dokumen perceraian hingga membantu saat sidang. Meski pada dasarnya perceraian bisa diurus sendiri namun sangat sulit dilakukan sebab membutuhkan pengetahuan tentang sistem peradilan di Indonesia mulai dari pengajuan gugutan, format dan isi surat gugatan. Tarif pengacara per jam. Biaya pengacara biasanya sesuai dengan kesepakatan tidak peduli berapa lama proses berjalan. Namun di Jakarta tarif pengacara biasanya berkisar 20 sampai 50 juta rupiah.

Pengadilan

Berbeda dengan pengacara yang tarifnya sesuai kesepatan. Tarif pengadilan sudah ditetapkan. Berikut biaya pengadilan saat perceraian.
Pendaftaran perkara : Rp 30.000.
Materai : Rp 6.000
Administrasi : Rp 50.000
Redaksi : Rp 5.000

Baca Juga: Penyebab Dian Pelangi Cerai Dengan Suami Karena KDRT?

Pengadilan selanjutnya Bila Banding

Bila pengadilan ditingkat pertama sudah diputuskan namun salah satu pihak mengajukan banding maka Anda wajib mengaluarkan uang lagi untuk biaya pengadilan selanjutnya.
Biaya cerai mudah dihitung apabila menggunakan pengacara. Namun biaya mengurus perceraian sendiri akan lebih murah. (fsr)

Perempuan Aquarius yang bekerja sebagai Digital Marketing. Yang percaya bahwa, hitam tidak benar-benar hitam dan yang putih tidak akan selalu putih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY