Dimana Lokasi Smart Toilet, Toilet Pintar Transjakarta yang Sudah Bisa digunakan?

SHARE
Dimana Lokasi Smart Toilet Toilet Pintar Transjakarta yang Sudah Bisa digunakan

OptiDaily.com – Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat telah meresmikan dua smart toilet atau toliet pintar Halte Transjakarta Monas dan Halte Balai kota pada Senin, 9 Oktober 2017.

Warga yang ingin menggunakan toilet pintar itu haru melakukan tapping halte busways terlebih dahulu.

Smart Toilet Halte Transjakarta

Ada dua ruang toilet, satu toilet duduk yang sudah dilengkapi dengan urinoir dan satu ruang toilet jongkok. Semua toilet tersebut terbuat dari bahan stainless steel.

Dari luar toilet terlihat tempat untuk melakukan tapping dengan uang elektronik. Di atas tempat tapping ada tiga keterangan lampu. Lampu hijau, kuning dan merah.

Hijau menunjukkan toilet kosong. Lampu kuning menunjukkan ada orang dalam toilet, dan lampu merah menandakan toilet pintar ini tidak dapat digunakan.

cara menggunakan smart toilet transjakarta

Menariknya, saat pengunjung toilet pintar dibuka, pintu toilet akan terbuka, lampu, exhausted fan, dan pengharum ruangan yang ada di dalam toilet otomatis menyala.

smart toilet transjakarta

Toilet dilengkapi dengan wastafel otomatis. Saat tangan ditaruh dibawah wastafel air otomatis keluar. Air dan sabun cuci juga otomatis keluar. Disamping wastafel terdapat tisu dan tempat sampah dibawahnya.

toilet pintar

Smart toilet juga dilengkapi dengan sensor gerak disalah satu sudut atapnya namun bukan CCTV hanya memonitor gerak pengunjung saja.

Unikanya setelah menggunakan toilet, pengunjung cukup meletakkan tangan di depan sensor flush yang ada dekat toilet. Air flush secara otomatis membersihkan toilet.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Ada Kamera Tersembunyi di Toilet?

Tarif Smart Toilet Transjakarta

Djarot mengatakan PD PAL Jaya menetapkan tarif smart toilet untuk setiap pengguna toilet pintar ini yakni Rp 2.000. Namun tarif resmi toilet pintar di Jakarta ini baru akan dikenakan tiga bulan setelah diresmikan.

Dimana lokasi Smart Toilet di Halte Trans Jakarta

Smart Toilet atau toilet pintar akan dipasang di 33 halte transjakarta. Toilet pintar ini akan dilengkapi dengan isntalasi pengolah air limbah atau biopal. (fnf)

Wanita yang saat ini senang berbagi informasi mengenai berita, hiburan, wisata serta informasi lainnya yang dikemas dan disajikan secara menarik. Saat ini telah menjadi penulis portal berita online dari www.optidaily.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY