Siapa Bagong Kussdiardja Google Doodle Hari Ini

SHARE
Siapa Bagong Kussdiardja Google Doodle Hari Ini

OptiDialy.com – Google kembali mengangkat tokoh asal Indonesia sebagai doodle di halam utama mesin pencari populer di Indonesia.

Kali ini nama Bagong Kussudiardja yang terpilih. Hari ini, Bagong Kussurdiardja merayakan ulang tahun yang ke-89.

Siapa Bagong Kussurdiardja ini?

Bagong Kussurdiardja lahir pada 9 Oktober 1928 di Yogykarta.

Bagong Kussurdiardja adalah seorang koreografer dan pelukis senior. Karya Bagong Kussurdiardja sudah dikenal baik didalam maupun di luar negeri. Sososk Bagong Kussurdiardja divisualkan Google duduk di kursi sambil menggenggam kuas cat.

Latar belakangnya, google memberikan lukisan para penari beraneka kostum yang melompat gembira. Google terinspirasi dengan beberapa karya Bagong Kussurdiardja yang mendunia.

“Bagong mengawali perjalanannya dengan mempelajari seni, musik, dan tari Jawa,” sebut Google dalam laman doodle hari ini.
Bagong Kussurdiardja seorang koreografer

Bagong Kussurdiardja pernah berlatih tari Jepang dan India lalu belajar koreografi dengan koreografis legendaris dan terkenal yakni Marta Graham di Amerika Serikat pada 1857 hingga 1958.

Bekal pelajaran tariannya tersebut dipakai Bagong Kussurdiardja untuk mengembangkan tari tradisional di kampung jalamannya. Bagong Kussurdiardja akhirnya mendirikan Pusat Latuhan Tari Bagong Kussurdiardja pada 1958 dan Padepokan seni Bagong Kussurdiardja pada 1978 di Bantul Yogyakarta.

Pedepokan milik Bagong Kussurdiardja

Pedepokan seni miliki Bagong Kussurdiardja bisa dikunjungi untuk masyarakat umum. Menariknya pedepokan ini merupakan salah satu lokasi syuting Ada Apa Dengan Cinta 2 yang tayang di bioskop pada 2016 lalu.

Bakat dari sang ayah

Bagong Kussurdiardja ternyata lahir dari keluarga seniman. Ayah Bagong Kussurdiardja sudah menciptakan koreografi lebih dari 200 tarian termasuk Layang-layang, Satria Tangguh, dan Bedhaya Gendeng.

Baca Juga: Siapakah Sir John Cornforth di Google Doodle Hari Ini?

Batik Bagong Kussurdiardja

Selain seorang koreografi, Bagong Kussurdiardja juga terkenal dengan lukisan batiknya. Gaya lukisan batik Bagong Kussurdiardja diantaranya dari impresionis, abstrak, hingga realis.

profil biodata bagong kussurdiardja

Wafat di Tahun 2004

Seniman multi talenta Bagong Kussudiardja meninggal dunia pada tahun 2004. (fnf)

Wanita yang saat ini senang berbagi informasi mengenai berita, hiburan, wisata serta informasi lainnya yang dikemas dan disajikan secara menarik. Saat ini telah menjadi penulis portal berita online dari www.optidaily.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY