Heboh Isi Surat Sri Mulyani Soal Kondisi Keuangan PLN

SHARE
Heboh Isi Surat Sri Mulyani Soal Kondisi Keuangan PLN

OptiDaily.com – Bocornya surat Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati tentang kondisi keuangan PLN untuk Menteri ESDM, Ignasius Jonan, dan Menteri BUMN, Rini Soemarno menawarnai pemberitaan sepanjang pekan kemarin,

Lantas mengapa surat penting dari Surat Sri Mulyani kepada Jonan dan Rini dirilis 19 September 2017, dengan nomor S-781/MK.08/2017 bersifat penting dan segera bisa bocor dan beredar?.

Dalam surat tersebut, Sri Mulyani menjelaskan kondisi keuangan PLN yang sangat mengkhawatirkan.

Besarnya kewajiban pembayaran pokok dan bunga pinjaman yang tidak didukung dengan pertumbuhan kas bersih operasi di PLN sehingga ada potensi terjadinya gagal bayar.

Kondisi keuangan PLN akan lebih memburuk sebab PLN Harus berinvestasi untuk program pembangunan 35.000 MW yang merupakan penugasan pemerintah.

isi surat sri mulyani untuk pln

Kekhawatiran Sri Mulyani seakan membenarkan ramalan Rizal Ramli akan kondisi keuangan PLN terkait program 35.000 MW. Kala itu Rizal memberikan kritik program tersebut saat masih menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman 2015 lalu.

Menurut Rizal, dalam 5 tahun hingga 2019, Indonesia hanya membutuhkan pembangkit listrik dengan total kapasitas 16.000 MW. Jika program 35.000 MW dipaksakan akan membuat PLN justru bangkrut.

Disisi lain, Menteri BUMN, Rini Soemarno menganggap surat dari Sri Mulyani merupakan hal yang wajar dari seorang menteri keuangan sebab Sri dipadang peduli soal keuangan PLN.

Baca Juga: Foto Profil Biografi Sri Mulyani Indrawati Instagram Kembali Jadi Menteri Keuangan RI

Disisi lain, Direktur Utama PLN, Sofyan Basir menegaskan bahwa kondisi keuangan PLN sehat dan ia segera menyiapkan surat balasan untuk Sri Mulyani. (ms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY