Jejak Kehidupan Romi Herton Mantan Wali Kota Palembang Meninggal Dunia

SHARE
Jejak Kehidupan Romi Herton Mantan Wali Kota Palembang Meninggal Dunia

OptiDaily.com – Mantan wali Kota Palembang Romi Herton meninggal dunia saat menjalani masa pidananya.
Sebelumnya Romi ditangkap KPK karena terlibat dalma kasus korupsi (suap).

Sirra Prayuna, pengacara Mantan Wali Kota Palembang Romi Herton meninggal akibat serangan jantung. Meski sempat dilarikan ke Rumah Sakit Hermina Serpong, nyawa Romi tidak bisa diselamatkan.

Romi meninggal dunia pada Kamis pagi sekitar pukul 01.30 WIB.

Terlibat Kasus Korupsi

Romo Herton resmi dipindahkan dari Lapas Sukamiskin, Bandung ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, Pada Februari 2017 lalu. Romi dipindahkan karena terbukti melakukan pelanggaran dengan berpelesir ke luar lapas.

Namun pada 15 Desember 2016, Romi izin berobat di Rumah Sakit Hermina Bandung . Romi keluar pada pukul 07.45 WIB dan baru akan kembali ke lapas pada pukul 20.30 WIB. Namun Romi ternyata singgah di rumah yang ia sewa di kawasan Antapani, Bandung.

Akhirnya, pengadilan Tinggi DKI Jakarta memutuskan untuk memperberat hukuman Romi Herton dan istrinya Masyito. Romi dijatuhi pidana 7 tahun penjara sedangkan istrinya dijatuhi hukuman 5 tahun penjara.

Namun Romi dan istrinya masih harus membayar denda sebesar Rp 200 juta dan PT Dki mencabut hak politik keduanya.

Baca Juga: Siapa Patrialis Akbar Dihukum 8 Tahun Penjara Karena Korupsi?

Mantan Wali Kota Palembang Romi Herton dan Masyito terbukti memberikan uang Rp 14.145 miliar dan 316.700 dolar AS kepada Hakim Mahkamah Konstitusi, M Aki Mochtar. Tujuannya untuk mempengaruhi putusan perkara atas permohonan keberatan hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) kota Palembang yang sedang ditangani oleh Akil.

Profil Romi Herton

walikota palembang dulu

Romi Herton adalah Wali Kota Palembang yang menjabat sejak 21 Juli 2013. Romi pernah menjabat Wakil Walikota Palembang sejak 21 Juli 2008 hingga 21 Juli 2013.

Lahir: 19 April 1965 (52 tahun), Kota Metro
Anak: Aurelia Nurezaliena Herton, LAINNYA
Pasangan: Masyito, Liza Merliani Sako. (dsp)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY