3 Kerugian Nikah Siri Untuk Wanita Wajib Baca!

SHARE
3 Kerugian Nikah Siri Untuk Wanita Wajib Baca!

OptiDaily.com – Nikah Siri memang masih menjadi perdebatan sampai saat ini, terlebih lagi sejak pemberitaan situs Nikah Siri online yang menyita perhatian publik.

Bicara soal nikah siri, kini tidak begitu baik sebab biasanya dilakukan secara diam-diam.

Namun sebenarnya nikah siri itu sah diakui secara agama. Bahkan sebelum dibangunnya Kantor Urusan Agama (KUA) dan Kantor Pencatatan Sipil, orang banyak melaksanakan pernikahannya baik segara agama dan adat saja.

Kata Siri berasal dari bahasa Arab yaitu Sirri atau Sir yang berarti rahasia. Artinya pernikahan siri dilangsungkan secara rahsia meskipun tetap sesuai dengan rukun Islam.

Ketentuan Nikah Siri

Berdasarkan ketetntuan nikah siri yang harus sesuai dengan rukun nikah adalah melibatkan wali pengantin perempuan dan dua orang saksi. Nantinya wali nikah akan mengucapkan kalimat yang intinya menikahkan sang pengantin perempuan dengan pengantin laki-laki yang kemudian menerima nikahnya. Dengan kata lain, Wali bisa disebut sebagai penghulu.

Sesuai pernikahan islam, ketentuan nikah siri juga harus memberikan mahar atau mas kawin kepada pengantin wanita.

Namun pernikahan siri tidak terlepas dari kerugian untuk wanita. Apa saja kerugian nikah siri untuk wanita.

1. Tidak Bisa Mengajukan Perceraian ke Pengadilan

Nikah siri tidak dicatat secara resmi dalam bentuk dokumen. Sehingga pernikahan tidak akan bisa sampai ke titik gugutan ke pengadilan. Nikah Sirri tidak tercatat di instansi manapun sehingga pihak suami bila ingin menceraikan istrinya hanya mengucapkan kata “talak”.

2. Tidak Bisa Menuntut Materi

Karena sifatnya rahasia, pernikahan siri merujuk pada pernikahan yang tidak dicatat oleh negara. Meski sah secara agama namun tidak sah dimata negara. Bila pernikahan mengalami masalah, sang istri tidak bisa menuntut materi dari suami.

ruginya nikah siri bagi wanita

Terutama bila sudah memiliki anak, suami tetap mewajibkan untuk menafkahi anaknya. Namun suami bisa saja mengelak atau menolak. Karena sang istri tidak punya bukti kuat untuk mengungat, sang suami bisa saja pergi menikahi orang lain tanpa menafkahi anak dan istri sebelumnya.

Baca Juga: Begini Cara Nikah Siri Online Tes Perawan yang Diblokir Pemerintah 

3. Anak berstatus Anak diluar Nikah

Pernikahan yang tidak sah diakui oleh negara atau Nikah Siri juga akan menyusahkan sang anak saat besar.

anak hasil nikah siri

Terumata akta kelahiran dan lain sebagainya. Status anak dari hasil pernikahan siri akan menjadi anak di luar nikah. (fnf)

Wanita yang saat ini senang berbagi informasi mengenai berita, hiburan, wisata serta informasi lainnya yang dikemas dan disajikan secara menarik. Saat ini telah menjadi penulis portal berita online dari www.optidaily.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY