Detik-Detik Gunung Agung Meletus Hoax, Ini Kabar Gunung Agung Dari BMGK

SHARE
Detik-Detik Gunung Agung Meletus Hoax, Ini Kabar Gunung Agung Dari BMGK

OptiDaily.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya membantah keras informasi yang beredar di sosial media tentang kabar gunung agung meletus malam ini.

Kepala Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya, Agus Wahyu Raharjo mengatakan BMKG Juanda Surabaya tidak pernah mengeluarkan informasi tentang waktu dan besarnya letusan Gunung Agung di Bali atau gunung-gunung api lainnya sebab hal tersebut bukan bagian dari kewenangan dan tugas BMKG Juanda.

Dalam keterangan resmi BMKG juanda menyebutkan bahwa BMKG hanya bertugas memberikan informasi mengenai sebaran abu vulkanik yang berhubungan dengan keselamatan penerbangan Bandara Juanda.

Kabar Informasi Gunung Agung Meletus

Beberapa hari terakhir, warga diresahkan dengan berita di media sosial yang mengumumkan sebagai berikut.

“Gunung Agung meletus arah angin ke Barat Ke arah Surabaya. Yg di Sby & sekitarnya bisa siapkan masker. Krn debu Vulkanik akan sampai Sby & merujuk letusan th 63, debu sangat tebal bahkan saat siang matahari tidak tampak, tertutup debu Vulkanik”.

Baca Juga: Foto Gunung Barujari Meletus, Wisatawan dan Warga di Evaluasi

Sementara itu, Prakirawan BMKG Juanda, Oky Sukma Hakim, berita tentang kabar gunung agung meletus juga menyebytkan bahwa Surabaya membutuhkan banyak masker.

Padahal secara keilmuan, BMKG Juanda tidak bisa memprediksi gunung api meletus. Dengan kata lain kabar Gunung Agung adalah hoax atau bohong.

Berikut klarifikasi BMKG mengenai kabar gunung Agung terbaru

kabar gunung agung bmkg terbaru

(ms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY