Kenapa Setya Novanto Si “Papa Minta Saham” Jadi Ketua DPR Lagi?

SHARE
kenapa-setya-novanto-si-papa-minta-saham-jadi-ketua-dpr-lagi

OptiDaily.com – Setelah resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPR pada Desember 2015, Setya Novanto kembali diangkat sebagai Ketua DPR oleh Partai Golkar.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku heran dengan keputusan Partai Golkar yang kembali mengangkat Setya Novanto menjadi ketua DPR setelah resmi mengundurkan diri. Sudirman mengaku tidak paham dengan proses politik di parlemen hingga Novanto kembali diangkat menggantikan Ade Komarudin yang belum setahun menjabat sebagai ketua DPR.

Sudirman juga mengaku yakin laporannya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR sudah membuktikan adanya pelanggaran etik Novanto dalam kasus “Papa Minta Saham”. Namun perkara itu tidak dilanjutkan kembali karena MKD menganggap laporan tersebut tidak memenuhi syarat hukum untuk memberikan keputusan etik.

Sebagai pelapor kasus “Papa Minta Saham”, Sudirman juga mengatakan sudah membawa bukti pengaduan berupa rekaman pembicaraan Novanto yang diduga mecatut nama Presiden Joko Widodo untuk meminta saham dari PT Freeport Indonesia.

Sudirman juga menjelaskan bahwa MKD sudah membatalkan perkaranya tanpa alasan yang jelas. Hingga pengangkatan Setya Novanto menjadi ketua DPR tidak ingin dikomentarinya lagi.

Baca Juga: Isi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Baru yang Berlaku Hari Ini 

Sementara itu, Sudirman sangat yakin bahwa publik bisa menilai sendiri bagaimana pantasnya Novanto yang diangkat menjadi ketua DPR. Pasalnya, banyak publik yang sudah paham dan melek tentang kasus “Papa Minta Sahat” yang menjerat Novanto pada 2015 silam. (ms)

Seorang reporter portal media online milik PT Optify Intermedia Pratama. Lahir di Bogor dan saat ini masih gemar menulis di berbagai blog untuk sekedar berbagi seputar Informasi yang akurat, tajam, dan terpercaya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY