Siapa Suyadi Yang Ada Di Google Doodle Hari Ini?

SHARE
siapa-suyadi-yang-ada-di-google-doodle-hari-ini

OptiDaily.com – Halalam pencarian milik Google hari ini tengah memberikan penghormatan secara khusus untuk pencipta karakter Si Unyil Trans 7, Drs. Suyadi. Siapakah Suyadi yang ada di Goggle tersebut?

Suyadi adalah pencipta karakter si Unyil sekaligus pemeran pak Raden. Dikutip dari laman Google hari ini, sosok Suyadi tersebut sedang merayakan hari jadinya yang ke-84 tahun. Suyadi pada 28 November 1932 di Puger, Jember, Jawa Timur.

Suyadi mulai dikenal masyarakat luas ketika pertama kali disiarkan langsung di TVRI setiap hari Minggu pada tahun 1981 dan 1993. Suyadi memang terkenal sosok yang kreatif karena mampu mencipkan sosoksi Unyil sebagai program acara televisi yang mendidik untuk anak-anak.

Formal program cerita si Unyil sempat di format ulang agar sesuai dengan eranya pada tahun 2000-an dengan mengubah nama program menjadi Laptop si Unyil.

Rekam Jejak Karir Suyadi si pencipta karakter si Unyil

Dalam rekam jejak karirnya, Suyadi pernah mengecap pendidikan seni di Institut Teknologi Bandung dari tahun 1952 hingga 1960. Setelah lulus pendidikannya itu, Suyadi kembali meneruskan belajar animasi di Perancis pada tahun 1961 hingga 1963.

Pendidikannya yang cemerlang itu membuat Suyadi diberi kepercayaan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar.

Dari laman khususnya di Google, Suyadi dikenal juga sebagai alter-ego sebagai Pak Raden yang telah berjasa memberi kontribusi melahirkan buku-buku dan film-film untuk anak-anak.

Karirnya sangat panjang dan buku pertamanya pada tahun 1952 kini beradar luas diperguruan tinggi di Indonesia. Sementara itu buku berjudul Petruk Jadi Raya adalah karya terakhirnya yang dibuat pada tahun 2008.

Hingga hari ini tokoh si Unyil dan juga pak Raden masih diberjalan diprogram televisi swasta. Unyil dan Pak Raden menjadi ikonik dan legendaris untuk anak-anak.
Meski telah tiada, Sosok Suyadi masih sangat dihormati karena telah berjasa mencipatakan karakter dan karya lain yang baik untuk anak-anak. (dsp)

Manusia biasa yang berusaha jadi luar biasa, digital marketer yang bersemangat, tetap optimis, dan berusaha hidup sukses mulia dunia akhirat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY