Setelah Lulus Kuliah, 4 Fase Ini Akan Kamu Rasakan Sebagai Fresh Graduate

SHARE
setelah-lulus-kuliah-7-fase-ini-akan-kamu-rasakan-sebagai-fresh-graduate

OptiDaily.com – Setelah menulis penelitian berbulan-bulan, melaluin proses sidang, dan dinyatakan lulus siapa sih yang tidak bahagia?

Semua proses ini akan dirasakan oleh semua mahasiswa untuk bisa lulus dan mendapatkan tittle gelar sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Usai sidang, kamu akan menunggu tahap terakhir yakni memakai baju toga. Wah pasti orangtua kamu merasa bangga karena kamu bisa lulus kuliah dan membuktikan bahwa kamu menjadi orang berpendidikan.

Ets tunggu dulu, bahagia mahasiswa yang sudah wisuda hanya sementara, setelah dua hari atau maksimal seminggu kamu akan mulai merasakan fase berikut ini.

Lulus si tepat waktu tapi sampe sekarang belum ada panggilan kerja

Sebelum wisuda tentu kamu sudah mengirimkan lamaran pekerjaan dengan model surat keterangan lulus sementara (SKLS) sampai ijazah kamu jadi. Tapi setelah seminggu atau sebulan belum ada panggilan kamu harus kencangkan ikat kepala untuk mencari lamaran pekerjaan lagi. Kemungkinan besar kamu tidak lulus seleksi dokumen. Fase ini akan kamu rasakan setelah kamu wisuda. Beda halnya jika lulus sudah banyak perusahaan yang menawarkan kamu untuk bekerja diperusahannya

Bingung mau lanjut lagi atau kerja?

Sebagain mahasiswa yang sudah lulus kuliah pasti ingin dong merasakan bagaimana sulitnya mendapatkan uang dan menerima uang dari kerja keras kamu selama ini. Tapi sebagain lain ada yang menganggap ilmu selama kuliah belum cukup untuk kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Alhasil kamu merasa perlu untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Padahal gelar yang tinggi belum tentu menjamin kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Bagaimanapun perusahaan ingin pekerjanya memiliki pengalaman dan skill

Putus Asa Sampai rasanya mau nikah aja

Fase ini paling sering menimpa wanita. Berbulan-bulan pengangguran tapi belum dapat juga pekerjaan membuat kamu frustasi hingga rasanya ingin menikah saja atau menerima pinangan atau jodoh dari orangtua. Wah! Percuma dong kamu kuliah.

Baca Juga: 6 Suka Duka yang Cuma Bisa Dirasain Sama Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Saking Lama Nganggur Pengan Buat Usaha Aja

Kalau pengetahuan tentang bisnis dan modal yang belum cukup sebaiknya urungkan niat kamu untuk membuka usaha. Tidak ada salahnya kuliah namun kamu ingin punya sebuah usaha. Namun kamu harus mempunyai wawasan tentang bisnis dan modal yang cukup agar usaha yang kamu jalanankan berjalan sesuai rencana kamu. (dsp)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY