Hasil Pengumuman Gelar Perkara Kasus Dugaan Penistaan Agama Ahok Hari Ini Tidak Dihadiri Oleh Ahok

SHARE
hasil-pengumuman-gelar-perkara-gelar-perkara-kasus-dugaan-penistaan-agama-ahok-hari-ini-tidak-dihadiri-oleh-ahok

OptiDaily.com – Salah satu kuasa hukum Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Sirra Prayuna memastikan Ahok tidak akan menghadiri gelar perkara yang digelar hari ini di Markas Besar Polri Jakarta, Selasa, 15 November 2016.

Sirra mengatakan Ahok sudah mengkonfirmasi absen kehadiran pada gelar perkara kasus dugaan penistaan agama hari ini lantaran Ahok sedang melakukan sosialisasi di rumah Lembang sehingga tidak bisa memenuhi undangan gelar perkara hari ini.

Sirre memastikan bahwa Ahok memang sudah menjadwalkan kampanye di rumah Lembang sejak lama sebelum jauh kasus ini terjadi. Nantinya tim kuasa hukumnya yang akan menggantikan kehadirannya di Markas Besar Polri.

Dalam gelar perkara Ahok, tim kuasanya sudah menghadirkan sembilan saksi ahli dalam gelar perkara. Meski begitu Ahok dan tim kuasanya mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk menghadari perkara ini lantaran Ahok dan tim kuasanya hanya ingin melihat mekanisme gelar perkara penyidik.

Nantinya, saksi-saksi dari Ahok ini secara bergiliran akan menyampaikan keterangan sesuai dengan bisang masing-masing dan akan dicatat oleh tim penyidik.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar menjelaskan setelah gelar perkara, penyidik akan memutuskan kemungkinan adanya unsur pidana dalam kasus Ahok tersebut. Jika terbukti adanya undur pidana maka pihak kepolisian akan melanjutkan perkara ke proses penyidikan.

Gelar perkara Ahok hari ini dipimpin langsung oleh Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto dengan 20 saksi ahli dan perwakilan dan instansi dan lembaga termasuk

Baca Juga: 10 Tokoh  yang Ikut Demo Ahok 4 November 2016 

Setelah gelar perkara, penyidik akan memutuskan kemungkinan adanya unsur pidana dalam kasus tersebut dan jika memang ada maka polisi akan melanjutkan ke proses penyidikan. Ombudsman RI dan Kompolnas, serta Divisi Profesi dan Pengamanan, Inspektorat Pengawasan Umum serta Biro Pengawasan dan Penyidikan Polri. (ms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY