4 Cara Mengatasi Virus Ransomware WannaCry

SHARE
4 Cara Mengatasi Virus Ransomware WannaCry

OptiDaily.com – Wabah virus komputer sejenis ransomware bernama Wanna Decryptor alias Wanna Cry ini membuat kepanikan disejumlah negara. Pasalnya virus ini dapat merusak file dikomputer tidak bisa terbuka.

Virus ini dikabarkan mampu membuat salah satu rumah sakit di Indonesia kehilangan data pasien dan menggangu pelayanan rumah sakit. Serangan virus Wanna Cry mampu membobol data Rumah Sakit Dharmais, Jakarta.

Virus Wanncry dikatagorikan sebagai virus berbahaya di dunia. Setiap komputer yang terindikasi virus ini akan diminta sejumlah bayaran melalui bitcoin dengan iming-iming data atau file dikomputer pulih.

Lantas adakah cara untuk mengatasi virus Wanna Cry agar komputer tidak terindikasi? Berikut 4 langkah pencegahan virus Wanna Cry.

Langkah 1

Ransomware Wannacry mengincar komputer berbasis windows yang punya kelemahan fungsi server message block (SMB). Disarankan bagi Anda yang memiliki komputer atau laptop windows untuk melakukan langkah berikutnya.

Langkah 2

Komputer yang terkena serangan virus wannacry akan meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Kemudian pesan meminta tebusan akan muncul untuk dilakukan dalam bentuk bitcoin.

Langkah 3

Bagi pengguna windows agar melakukan cara mencegah virus wannca cry dibawah ini.

1. Update antivirus atau security pada windows. Sebaiknya install antivirus dari microsoft yang merupakan antivirus resmi dari windows.

2. Hindari mengaktifkan fungsi macros dan non aktifkan fungsi SMB V1

3. Block port 139/445 & 3389

4. Simpah data atau file penting Anda di media penyimpanan lain.

Baca Juga: Korban Virus Romsomware Wannacry di Indonesia Mengincar Rumah Sakit

Langkah 4

Segera putuskan sambungan internet dari komputer yang telah terinfeksi. Tujuannya untuk menghentikan oenyebaran virus wannacry ke komputer lain yang vulnerable. (dsp)

1 COMMENT

  1. bos lagi rame neh virus komputer Ransomware dan Virus Wanna Cry trend di google, kita mah nyimak aja untuk update informasinya mengenai virus komputer ini.
    salam kenal om admin

LEAVE A REPLY