Korban Virus Romsomware Wannacry di Indonesia Mengincar Rumah Sakit

SHARE
Korban Virus Romsomware Wannacry di Indonesia Mengincar Rumah Sakit

OptiDaily.com – Serangan virus Ransomware Wannacry mendadak menjadi viral di Indonesia setelah kominfo memberikan keterangan secara resmi. Wannacry ransomware mulai menyerang sejumlah negara didunia. Sebanyak 99 negara dipastikan telah terinfeksi virus ransomware Wanncry termasuk Indonesia.

Apa itu Ransomware?

Pengertian Ransomware adalah perangkat lunak ( software) yang dapat merusak file di komputer atau perangkat seluler yang terinfeksi. Virus ini mengunci komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses file, dokumen, gambar sampai pembayaran dilakukan.

Software jahat ini biasanya dikenal sebagai email phishing yang disamarkan sehingga saat dibuka komputer langsung tertanam ransomware. Selain email, hacker juga bisa menanam malware di situs web. Saat pengguna komputer membuka web tersebut otomatis ransomware akan muncul sebagai pesan peringatan.

Apa ciri-ciri komputer yang terkena ransomware ?

Pengguna tidak akan langsung sadar virus ini telah terinfeksi. Ransomware menunjukkan layar kunci yang memberitahu pengguna bahwa file dan datanya tidak bisa di buka alias terenskripsi. Untuk membuka lock screen, pengguna akan menuntut pembayaran melalui bitcoin untuk membuka kunci tersebut.

korban virus wannycry di idnoensia

Wanna Crypt (Wanna Cry)

Serangan virus ini menimpa windows yang diketahui mempunyai sistem operasi yang lemah. Namun microsoft secara resmi merilis update windows untuk melindungi pengguna terhadap serangan. Namun tidak semua orang memasangnya dan akhirnya mudah untuk terjangkit malware ini.

Berikut komputer yang terindentifikasi serangan virus ransomware wanna cry.

tampilan komputer wannacry

Baca Juga: Apa itu  Bitcoin yang diminta Penyebar Virus Wanna Cry? Ini penjelasannya

Korban Ransomware di Indonesia

Di Indonesia, ada dua rumah sakit di Jakarta yang telah terkena serangan Wanna Cry. Rumah sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita. (dsp)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY