Begini Cara Meningkatkan Zat Besi bagi Ibu Hamil

SHARE
Begini Cara Meningkatkan Zat Besi bagi Ibu Hamil

Zat besi amat penting bagi ibu hamil. Sebab zat ini berperan untuk pertumbuhan janin sekaligus mencegah terjadinya kelahiran prematur. Oleh karena itu, pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini sudah begitu disadari oleh ibu hamil. Akan tetapi bagaimana cara meningkatkannya?

Sebelum itu, baiknya Anda menyimak mengenai probiotik untuk kesehatan saluran cerna. Baru setelah itu, kita akan bahas tips untuk meningkatkan zat besi untuk bumil. Berikut ini yang perlu dilakukan.

  1. Konsumsi makanan kaya zat besi

Seperti brokoli, kol, sayuran hijau (daun singkong, bayam), kacang, kuning telur, kepiting, ikan, udang perlu sering dikonsumsi ibu hamil. Makanan tersebut dianjurkan medis dan aman.

Makanan tersebut mengandung zat besi. Setidaknya setiap hari, ibu hamil perlu mengonsumsi 30 miligram (mg) zat besi.

  1. Makanan mengandung asam folat

Bukan hanya zat besi, perlu juga ibu hamil mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat. Beberapa di antaranya seperti daging, hati, pisang, melon, pepaya, hingga kembang kol.

Fungsi asam folat adalah agar janin bisa berkembang dengan baik. Janin pun bisa terhindar dari kecacatan saat lahir. Kandungan asam folat yang dibutuhkan setidaknya adalah 400 mikrogram per harinya.

Semua makanan yang hendak dikonsumsi ibu hamil ini harus terjamin kebersihannya. Karena itu, ketika hendak dikonsumsi, makanan tersebut harus dicuci sampai bersih.

Selain itu, pastikan agar makanan ini diolah dengan benar. Untuk daging, harus dimasak sampai matang. Sedangkan sayuran harus dipastikan bersih sebelum dimasak.

Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia bagi ibu hamil sudah banyak diketahui. Perlu asupan zat besi yang memadai agar kondisi kehamilan bisa baik. Jika kekurangan zat besi, maka ibu hamil terancam akan resiko terkena anemia.

Akibat lanjutannya adalah dikhawatirkan berefek pada kondisi janin. Ibu yang kekurangan zat besi mengalami resiko kelahiran bayi prematur maupun bayi mengalami berat badan rendah. Terutama pada kehamilan dua trimester pertama, peran zat besi sangat penting untuk meningkatkan kesehatan bayi dalam kandungan.

Biasanya, dokter kandungan akan memberikan suplemen penambah zat besi. Hal ini dilakukan agar kondisi ibu hamil tetap tercukupi kebutuhan zat besi sehingga nantinya ibu dan bayi selalu dalam keadaan sehat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY