3 Tips Naik Pesawat Saat Hamil Ala Rinni Wulandari

SHARE
3 Tips Naik Pesawat Saat Hamil Ala Rinni Wulandari

OptiDaily.com – Meski tengah mengandung, bukan berarti wanita hamil tidak bisa naik pesawat. Ada cara untuk wanita hamil bisa naik pesawat dengan nyaman.

Secara langsung, Rinni Wulandari penyanyi sekaligus istri dari Jevin Julian ini membagikan tips naik pesawat untuk wanita hamil supaya nyaman selama perjalanan.

Berikut tips untuk wanita hamil saat naik pesawat yang diutarakan oleh istri Jevin Julian, Rinni Wulandari ini.

Cek Kondisi Bayi dan Meminta Surat Keterangan

Maskapai penerbangan punya prosedur untuk wanita hamil yang hendak berpergian menggunakan pesawat. Kondisi bayi terlebih dahulu harus dicek. Kemudian meminta surat ketarangan. Usia kehamilan juga bisa menjadi bahan pertimbangan. Berdasarkan advice dari dokter kehamilan, Rinni mengatakan usia kehamilan 7 bulan disarankan untuk tidak naik pesawat lagi.

Sebaiknya Tidak Tidur

Rinni mengaku untuk menghindari gundangan pesawat, dirinya memilih untuk tidak tidur di pesawat. Sebab kondisi sadar jauh lebih aman untuk melindungi janin kala pesawat mengalami guncangan.

Angkat Pantat

Demi alasan keamanan, Rinni memilih untuk mengangkat pantatnya saat pesawat take off atau landing. Hal ini dilakukan untuk mencegah pilot yang take off atau landingnya tidak soft meskipun sudah diberikan surat ketarangan bahwa ada penumpang wanita yang hamil.

Disisi lain, dr Ridwan, SpOG dari Kemang Medical Care (KMC) Jakarta mengatakan batas usia kehamilan yang boleh naik pesawat adalah 32 minggu atau 8 bulan. Diatas usia kehamilan tersebut, wanita hamil berisiko untuk mengalami kontraksi akibat perubahan tekanan udara.

Baca Juga: Ini Makanan yang dilarang Untuk Ibu Hamil

Sebab risiko pembekuan darah di pembuluh darah vena lebih tinggi dua kali lipat saat wanita hamil naik pesawat dengan durasi perjalanan 5 jam. Bila durasi perjalanan panjang, ibu hamil disarankan untuk melakukan aktivitas di dalam pesawat selama 30 menit sekali seperti jalan-jalan sebentar agar dapat memopa darah dari kaki ke jantung. (fsr)

 

Perempuan Aquarius yang bekerja sebagai Digital Marketing. Yang percaya bahwa, hitam tidak benar-benar hitam dan yang putih tidak akan selalu putih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY