Kenapa gula rafinasi berbahaya? Sebenarnya Apa Itu Gula Rafinasi? Ini Ulasannya

SHARE
Kenapa gula rafinasi berbahaya Sebenarnya Apa Itu Gula Rafinasi Ini Ulasannya

OptiDaily.com – Gula adalah sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Tanpa gula, tubuh kekurangan energi. Anda tentu tidak akan bisa lepas dari gula dalam kehidupan sehari-hari.

Kendati demikian, perhatikan jenis gula yang Anda konsumsi. Ada beberapa gula terutama gula rafinasi yang dapat menyebabkan kenaikan gula darah dalam waktu yang cepat hingga meningkatkan risiko diabetes dan masalah penyakit kronis lainnya.

Apa itu gula rafinasi?

Gula rafinasi memiliki ciri khas warnanya yang lebih putih dibandingkan dengan gula biasa. Gula ini tidak boleh dikonsumsi langsung karena dapat menimbulkan berbagi masalah kesehatan seperti lemak dan kolesterol.

Kenapa gula rafinasi berbahaya?

1. Pengeroposan Tulang dan Penyakit Gigi

Mengonsumsi gula rafinasi dapat membuat tubuh lebih banyak membutuhkan sejumlah vitamin dan senyawa lain seperti vitamin B kompleks, kalsium, dan magnesium agar dapat mencerna gula ini karena tingkat kemurniannya sangat tinggi. Sehingga untuk mencerna tubuh akan mengambil vitam dan senyawa tersebut pada tulang dan gigi sehingga dampak mengonsumsi gula rafinasi adalah pengeropsan tulang (osteoporosis) dan masalah gigi.

2. Diabetes

Gula tentu dapat menyebabkan diabetes apabila dikonsumsi secara berlebihan. Gula rafinasi mudah sekali terpecah menjadi glukosa dan menyebabkan terjadinya hiperglikemia atau dimana kondisi gula terlalu tinggi didalam darah). Selain hiperglikemia, Anda juga akan mengalami hipoglikemia, kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan gula darah akibat tubuh melepas insulin terlalu berlebihan).

3. Depresi dan Penyimpangan Perilaku

Dampak mengonsumsi gula rafinasi juga dapat menyebabkan depresi den penyimpangan perilaku. Meskipun belum ada penelitian tentang bahaya gula rafinasi yang dapat menyebabkan dua hal ini namaun gula rafinasi dapat mengambil vitamin B komplek dari syaraf sehingga fungsi otak dan syarat mengalami gangguan.

Baca Juga: Daftar Hotel dan Kafe yang Menggunakan Gula Rafinasi, Dari Hotel Murah Hingga Hotel Mewah

4. Kulit Mengalami Penuaan Lebih Cepat

Gula rafinasi mengandung banyak bahan fermentasi sehingga tubuh akan mengalami gangguan kesehatan kulit. Bahaya gula rafinasi untuk kulit adalah penuaan menjadi lebih cepat sebab kulit mengalami proses glikasi. (fnf)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY