Ciri-Ciri Gula Berkualitas Bisa dikenali Dalam 3 Hal Ini

SHARE
Ciri-Ciri Gula Berkualitas Bisa dikenali Dalam 3 Hal Ini

OptiDaily.com – Gula mempunyai peran yang sangat penting. Selain sebagai pemanis buatan, gula membuat seseorang lebih berenergi dan bertenaga. Namun kehadiran gula rafinasi yang dijual bebas saat ini justru menjadi momok menakutkan bagi orang-orang.

Gula dianggap menjadi penyebab penyakit diabetes. Ditambah banyak oknum yang mengolah gula dengan cara curang sehingga menurunkan kulitasnya.

Sebelum membeli gula, ada sebaiknya mengenali ciri-ciri gula pasir berkualitas agar terhindar dari gula rafinasi. Berikut ciri-ciri gula yang memiliki kualitas yang baik.

Tips Membeli Gula agar terhindar dari gula rafinasi

1. Warna Putih Kusam

Jangan membeli gula yang memiliki warna putih. Gula yang berwarna putih juga menandakan adanya bahan tambahan pemutih didalamnya. Gula pasir yang bagus memiliki ciri warna putih kusam dan cendering agak kuning. Gula yang kekuningan justru menandakan bahwa rasanya manis alami.

2. Teksturnya Kasar

Jangan membeli gula yang memiliki tekstur kasar bila untuk dikonsumsi harian. Gula yang mempunyai tektur kasar memang lama larut dalam air tetapi rasanya lebih manis dan legit. Sementara itu bila membeli gula untuk olahan makanan seperti kue dan lauk pauk bisa memiliki tektur yang lebih halus. Belilah sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Harga Gula Rafinasi 2017 Rp 10.000 per Kilogram

3. Pastikan Gula Masih Kering

Jangan membeli gula yang sudah berair atau terkena matahari langsung. Gula berair menjadi indikator bahwa gula tersebut mengalami penurunan kualitas. Belilah gula kemasan yang mudah dilihat untuk mengetahui apakah gula tersebut kering atau sudah berlendir. (ms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY