Manfaat Makan Tempe Kukus Untuk Diet, Pencernaan, dan Otot

SHARE
Manfaat Makan Tempe Kukus Untuk Diet, Pencernaan, dan Otot

OptiDaily.com – Siapa yang tidak mengenal Tempe. Makanan yang satu ini merupakan panganan khas Indonesia.

Rasanya enak, harga tempe jua murah dan membuat tempe tidak kalah populer dengan jenis lauk lainnya seperti ikan, ayam, dan daging sapi.

Selain enak dan murah, Tempe juga memiliki kandungan nutrisi yang setara dengan daging, lho.

Bayangkan saja, harganya berbeda namun nutrisinya setara. Tentu tempa bisa menjadi pilihan lauk untuk Anda. Lalu apa saja manfaat tempe?

Tempe mengandung Vitamin B12 dan Zat Besi

Ahli gizi dari IPB Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, mengatakan, kandungan Tempe terdapat vitamin B12 yang dapat ditemukan pada daging. Tempe bisa menjadi pilihan untuk seorang vegatarian agar tubuh tidak kekurangan zat besi.

Tempe Mengandung Serat dan Protein Tinggi

Dibandingkan tahu dan sama-sama terbuat dari bahan dasar kedelai, tempe mengandung serat dan protein yang lebih tinggi. Tempe sangat cocok sebagai pelaku diet. Makan tempe kukus saat diet dapat membantu nutrisi penting pada tubuh terpenuhi. Mengapa tempe kukus? Sebab tempe yang dikukus kandungan proteinnya tidak akan hilang.

Tempe Mencegah Diare pada Anak

Manfaat tempe tidak hanya untuk orang dewasa. Tempe juga dianjurkan untuk balita dan anak-anak. Kandungan tempe dapat mencegah balita dan anak-anak diare karena tempe memiliki sifat anti bakteri dan antioksidan yang tinggi.

Baca Juga: Lagi liburan di Malang? Ini 5 Lokasi Pusat Oleh-Oleh Murah Khas Malang

Tempe Mencegah Kerusakan Otot

Selain untuk balita dan anak-anak, makan tempe juga dianjurkan untuk para atlet atau orang yang suka berolahraga sebab tempe bisa mencegah kerusakan otot setelah berolahraga atau bertanding. Namun cara mengolah tempe terbaik untuk kesehatan tulang adalah dengan membuat jus tempe. (fsr)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY