Benarkah Makan Seblak Bisa Usus Buntu? Ini Kata Ahli Gizi Tentang Seblak

SHARE
Benarkah Makan Seblak Bisa Usus Buntu Ini Kata Ahli Gizi Tentang Seblak

OptiDaily.com – Kisah seorang ibu bernama Desy Puspita Yulida di Facebook menjadi viral. Desy mengunggah kisah usus buntu yang dialami putrinya, Salma melalui akun facebooknya pada Minggu, 8 Oktober 2017.

Kisah Desy mencuri perhatian netizen. Pasalnya Desy menebut Seblak menyebabkan anaknya mengalami usus buntu.

Desy juga menceritakan kenapa seblak bisa menyebabkan usus buntu karena kerupuk mentah yang direndam tetapi tetap kenyal.

Dalam postingannya, Desi menulis dengan huruf kapital dan memberikan judul unggahannya ‘BAHAYA MAKAN SEBLAK DARI KERUPUK MENTAH YANG DIRENDAM TAPI TETAP KENYAL’.

Berikut isi postingan mengenai bahaya Seblak yang diunggah Desy di Facebook

kasus usus buntu gara gara seblak

Pastikan kerupuk nya bnr” lembek agar tidak merusak usus anak
Pulang sekolah Salma perutnya kesakitan….lama kelamaan tidak bs d gerakan sama sekali seperti keram usus…aq bawa ke Igd Rs.Immanuel…sewaktu d periksa ama dokter igd salma muntah” dan diare…lalu diadakan pemeriksaan cek darah dan ronsen hasil nya asam lambung naik Leukosit sel darah putih nya 14rb lebih..
Setelah d infus besok nya dilakukan USG.. cek darah dan ronsen …setelah d bacakan hasil nya sm Dokter spesialis bedah anak… usus nya terjadi pembengkakkan dan kata dokter usus buntu…dan kalau setelah plg dri sini perut nya sakit lg harus segera puasa selama 6 jam dan langsung tindakan operasi…kalo tidak usus nya akan pecah …klo ususnya sudah pecah akan mengganggu rahim dan efek kdpn nya tdk bs pnya Anak Naudzubillah😢😢😢 penjelasan dokter sungguh sangat bikin dada sesak….

Dokter bertanya Apakah anak ini suka makan seblak?…salma menjawab iya….dan dokter pun bilang …saya udh ratusan org dlm sthn ini mengoperasi yg usus buntu karna makan seblak.. saya bertanya kpd dktr..knp Dok anak saya bs kena usus buntu..pdhl ga bgtu suka pedes…

Usus buntu yg anak ibu alami bkn krna cabe nya…tpi karena kerupuk mentah klo d simpan dlm aer tpi tdk hancur malah jd kenyal ..kebayang ga ibu akan bagaimana…begitupun d dlm usus qt…kerupuk itu tdk akan hancur..

Maka berhati hatilah ibu” yg mempunyai anak gadis yg suka makan seblak kerupuk kering yg d rendam tpi kerupuk nya masih kenyal dan blm matang krna bs menyumbat d usus dan terjadi infeksi…..lebih baik mencegah drpd mengobati….

Syafakillah uni salma sayang…Allah alwayz love U…InsyaAllah smuanya akan baik” saja ya sayang😘😘

Disisi lain, kasus seblak bisa menyebabkan usu buntu ini ditanggapi oleh ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Hardiansyah.

Hardiansyah menganggap usus buntu disebabkan seblak tidak masuk akal sebab sejatinya makanan masuk ke lambung akan dicerna dan dihancurkan. Kemudian masuk ke usus sudah dalam partikel kecil.

Baca Juga: Benarkah Hobi Makan Pedas Dampaknya Bisa Bikin Usus ‘Berlubang’?

Penyabab usus buntu adalah batu atau biji jambu yang keras sehingga menyebabkan peradangan usus akibat sisa makanan tersebut tidak terbuang oleh tubuh. Hardiansyah juga mengatakan kerupuk seblak berasal dari tapioka (aci) sehingga bisa diproses didalam lambung. (ms)

Seorang reporter portal media online milik PT Optify Intermedia Pratama. Lahir di Bogor dan saat ini masih gemar menulis di berbagai blog untuk sekedar berbagi seputar Informasi yang akurat, tajam, dan terpercaya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY