Efek Samping Kebanyakan Minum Kopi, Mulai Dari Otak Hingga Tulang

SHARE
Efek Samping Kebanyakan Minum Kopi, Mulai Dari Otak Hingga Tulang

OptiDaily.com – Sejatinya minum kopi memberikan banyak manfaat diantaranya dapat mengusir kantuk. Kopi menjadi minuman yang sangat penting bagi pekerja malam.

Dalam takaran normal, kopi memang bermanfaat. Namun perlu diingat bila mengonsumsi kopi secara berlebihan justru dapat menimbulkan efek samping.

Apa saja dampak minum kopi berlebihan?

Bila mengalami hal seperti dibawah ini, tandanya Anda harus mengurangi kopi segera mungkin.

1. Tidur Tidak Nyenyak Hingga Insomnia
Kopi mengandung kafein. Banyak orang yang tidak sengaja minum kopi agar bisa begadang sampai tengah malam. Bahkan sampai pagi hanya untuk menonton bola atau acara favorit.

kopi bisa buat orang sulit tidur

Terlalu sering minum kopi efek sampingnya akan merusak pola tidur dan mengurangi kualitas tidur. Bisa jadi tidur tidak nyenyak hingga Anda mengalami insomnia.

2. Sering Buang Air Kecil Hingga Dehidrasi
Kafein mempunyai efek diuretik. Maksud diuretik adalah meluruhkan kencing.

kopi buat dehidrasi

Tidak heran kalau sering minum kopi membuat hasrat buang air kecil lebih sering dari biasanya. Bila berlebihan bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi akibat mineral dalam tubuh juga keluar bersama cairan urin tersebut.

3. Pengosongan Lambung Hingga Perut Kembung
Biji kopi bisa menurunkan laju pengosongkan lambung. Akibatnya gas-gas pada tubuh akan menumpuk. Kopi dapat membuat perut terasa penuh “begah”. Terlalu sering minum kopi juga dapat membuat perut Ada kembung.

4. Jantung Terasa Berdebar-bedar
Kandungan kafein dalam kopi ternyata dapat membuat jantung seseorang dapat berdebar-debar. Kafein dalam tubuh yang berlebihan dapat membuat irama jantung terganggu dan menimbulkan sakit kepala.

dampak kopi bikin pusing

5. Gigi Kuning dan Rusak
Bukan rahasia lagi kalau kopi dapat membuat gigi kuning. Ternyata kopi juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi Anda. Hal itu disebabkan kopi mengubah lapisan terluar gigi atau dinamakan enamel sehingga mempengaruhi kesehatan gigi. Bila lama dibiarkan, gigi yang menguning akan menjadi rusak.

Baca Juga: Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Wanita Pria

6. Tulang Menjadi Rapuh
Banyak orang yang belum menyadari efek samping kopi dapat membuat tubuh mengalami kekurangan mineral.

kopi bisa buat orang sulit tidur

Kurangnya mineral pada tubuh dapat berdampak buruk bagi kesehatan tulang. Akibatnya kepadaan tulang menjadi berkurang dan akhirnya menjadi rapuh. (fnf)

Wanita yang saat ini senang berbagi informasi mengenai berita, hiburan, wisata serta informasi lainnya yang dikemas dan disajikan secara menarik. Saat ini telah menjadi penulis portal berita online dari www.optidaily.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY