Tips Mencegah Kolesterol Naik Saat Lebaran

SHARE
Tips Mencegah Kolesterol Naik Saat Lebaran

OptiDaily.com – Opor ayam, gulai kambing, sambal goreng ati, dan beberapa sajian khas Idul Fitri identik mengandung kolesterol tinggi.

Dibalik kenikmatannya, kandungan santan pada makanan lebaran itu sangat potensial meningkatkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh Anda.

Tahukah Anda mengonsumsi satu cangkir porsi santan mengandung sekitar 50 gram lemak jenuh. Jumlah ini lebih 2.5 kali konsumsi harian kolesterol yang disarankan oleh Departemen Pangan dan Pertanian Amerika (USDA).

Kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi, makanan yang mengandung santan tidak diajurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Mengonsumsi makanan bersantan saat lebaran direkomendasikan satu kali sekali saja. Itupun harus mengontrol jumlah porsinya terutama bagi Anda yang memiliki penyakit kolesterol.

Cara Mengatur Kolesterol Saat Lebaran

Kombinasikan dengan Makanan Penetral Kolesterol

Mengonsumsi makanan yang mengandung santan dalam porsi besar memang tidak dapat dihindari saat lebaran tiba. Bila hal itu terjadi pada diri Anda sebaiknya kombinasikan dengan makanan sehat, makanan penetral kolesterol dintaranya kacang kedelai, kacang merah, dan kecang hijau.

Makan Tomat

Beda halnya bila Anda mempunyai alergi terhadap kacang-kacangan. Anda bisa mengonsumsi tomat untuk menekan jumlah kolesterol yang masuk pada tubuh. Penelitian ini dilakukan oleh tim University of Adelaide. Manfaat tomat yang dimasak memiliki khasiat yang sama dengan statin yaitu obat kimia yang lazim digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Tomat memiliki senyawa likopen. Senyawa ini mengandung antioksidan tinggi yang membantu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke akibat kandungan kolesterol yang tinggi. Maka itu untuk mendapatkan manfaat tomat ini, sebaiknya Anda memasaknya terlebih dahulu. Tomat yang matang lebih baik dibandingkan tomat mentah karena tubuh akan mudah menyerap likopen.

Mengonsumsi Bubur Gandum

Sebelum mengonsumsi makanan bersantan, sebaiknya awal hari Anda dengan menu sarapan sehat bubur gandum. Bubur ini mengandung bataglucan yang tinggi.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Indonesia ini Ramai Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Kandungan ini dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah. Dengan mengonsumsi gandum, kolesterol pada tubuh Anda tetep stabil. (fnf)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY