Fakta Minum Air Dingin Setelah Makan Memicu Kanker? Benarkah?

SHARE
fakta-minum-air-dingin-setelah-makan-memicu-kanker-benarkah

OptiDaily.com – Bagi pecinta air dingin tentu tidak akan enak rasanya jika sesuai makan belum minum air dingin yang menyegarkan tenggorkan bukan? Namun baru-baru ini kembali beredar informasi bahwa minum air dingin setelah makan bisa berdampak pada kesehatan. Mengapa? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Alasan mengapa minum air dingin dilarang usai makan adalah membuat minyak yang dihasilkan dari makanan menjadi beku.

Minyak yang beku bisa bereaksi dengan asam di saluran pencernaan.Minyak yang beku itu menjadi lemak beracun dan bisa menumpuk didalam usus. Lemak ini akan terserap dengan cepat oleh organ tubuh dan lama kelamaan bisa menyebabkan kanker.

Akan tetapi DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB menyatakan bahwa kabar tersebut tidak benar sema sekali atau hoax.

Menurut Dr Ari air es atau ar dingin sama seperti air yang lain meski memiliki suhu yang berbeda. Konsumsi air dingin bukanlah faktor utama penyebab kanker, Minuman dingin lebih dianjurkan untuk tidak dikonsumsi atau dihindari untuk mencegah radang atau pilek pada mereka yang sensitif terhadap cuaca.

Dr Ari menyarankan lebih baik minum air putih hangat agar proses penyesuaian suhu air didalam tubuh lebih mudah tercerna.Suhu yang dianjurkan yakni rata-rata 37 derajat celcius. Tidak terlalu panas tidak terlalu dingin.

Baca Juga: Nasi Tim Cibinong Bogor Kuliner Enak untuk program Diet 

Menurut konsultan cerna di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo itu mengatakan minum air yang terlalu panas dan dingin justru bebahaya karena bisa memicu iritasi pada bagian rongga mulut. (dsp)

Manusia biasa yang berusaha jadi luar biasa, digital marketer yang bersemangat, tetap optimis, dan berusaha hidup sukses mulia dunia akhirat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY