Siapa Sarlito Wirawan Psikolog yang Meninggal Dunia?

SHARE
siapa-sarlito-wirawan-psikolog-yang-meninggal-dunia

OptiDaily.com – Sarloito Wirawan seorang Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dikabarkan meninggal dunia pada Senin, 14 November 2016 di Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta Pusat. Pria kelahiran Purwokerto ini tutup usia yang ke 73 tahun.

Menurut keterangan menantu Sarlito, Orchida Ramadhania mengatakan mertuanya itu meninggal dunia karena mengidap penyakit pencernaan yang diduga kuat pendarahan usus. Sakitnya yang sudah berat ditambah usianya yang cukup tua, Sarlito akhirnya meninggal.

Sarlito Wirawan meninggalkan seorang itri, Sri Prastiwi dan tiga anak diantaranya Untung Adha Saryanto, Astrid Novianti dan Aditya Suryatin Sarwono.

Sebelum meninggal, Orchida menjelaskan Sarlito sempat menjalani perawatan di rumah sakit sejak minggu lalu. Sarlito juga sempat diminta datang ke Bareskrim terkait kasus Ahok pada Senin lalu, 7 November 2016. Karena telalu lelah, Sarlito dijadwalkan meeting di Singapura untuk riset perihal terorisme dan deradikalisasi. Kondisinya yang memburuk membuat Sarlito diturunkan dari pesawar.

Saat itu, Sarlito di bawa ke ruang ke Rumah Sakit Siloam Asri di Jalan Duren Tiga, Mampang, Jakarta Selatan. Tim dokter mengatakan bahwa HB (Hemoglobin)nya rendah sehingga adanya pendarahan di usus. Tekanan darahnya terus menurun hingga selasa malam itu, Sarlito kritis.

Usai melalui masa-masa kritisnya, Sarlito kondisinya berangsur membaik dan beberapa hari dirawat. Namun Dokter Rs Siloam, Asri yang menangani Sarlito angkat tangan dan menyarankan untuk dipindahkan ke RSCM atau RS PGI Cikini. Hanya dua RS tersebut yang menjadi rujukan sebab kedua rumah sakit itu mempunyai peralatan media khusus untuk menangani penyakit ini.

Lantaran RSCM penuh, Sarlito akhirnya dipindahkan ke Rumah Sakit Cikini hingga menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit ini.

Rencananya, psikolog Sarlito akan disemayamkan di Rumah Duka Komplek UI Ciputat nomor 6, Ciputat, Tangerang dan dimakamkan di Giri Tama Tonjong, Parung, setelah waktu salat Zuhur.

Mengenal Lebih jauh dengan sosok psikolog dan penerjemah buku-buku bertemakan psikologi Sarlito Wirawan Sarwono ini.

Sarlito lahir di di Purwokerto, 2 Februari 1944. Ia pernah menjadi dekan fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Prof. Dr.

Sarlito Wirawan Sarwono adalah Guru Besar Psikologi yang mendalami bidang Psikologi Sosial yang aktif dibeberapa organisasi penting sebut saja APA (American Psychological Association) ICP (International Council of Psychologists) SPSSI (Society of Psychological Studies on Social Issues) IPS (Ikatan Psikologi Sosial) APsyA (Asian Psychological Association) ASI (Asosiasi Sexologi Indonesia).

Baca Juga: Foto Profil Adrianto Djokosoetono Bos Taksi Blue Brid Suami Titi Rajo Bintang 

Dengan kepintarannya di berbagai bidang psikolog antara lain Logika, Psikologi Perilaku Seksual, Psikologi Sosial, Psikologi Lintas Budaya di Indonesia membuat Guru Besar yang lahir di Purwokerto pada tanggal 02 Februari 1944 ini, diangkat sebagai Guru Besar Tetap pada Fakultas psikologi Universitas Persada Indonesia YAI pada tanggal 01 April 2009. (fnf)

Wanita yang saat ini senang berbagi informasi mengenai berita, hiburan, wisata serta informasi lainnya yang dikemas dan disajikan secara menarik. Saat ini telah menjadi penulis portal berita online dari www.optidaily.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY