4 Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sebaiknya Tidak Diajukan

SHARE
4 Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sebaiknya Tidak Diajukan

OptiDaily.com – Kesempatan wawancara adalah hal yang paling membahagiakan untuk setiap pelamar pekerjaan. Dengan kata lain, perusahaan tertarik dengan surat lamaran maupun daftar riwayat hidup (CV) yang kamu buat saat melamar.

Saat wawancara,  kandidat bisa menggunakan momen ini untuk ebrtanya dan mengeksplorasi tentang calon perusahaannya dan pekerjaan yang akan dilakukan nanti.

Tujuan wawancara kerja adalah memastikan perusahaan bahwa Anda sebagai kandidat benar-benar sesuai dengan perusahaan dan pekerjaan yang ditawarkan. Kesempatan wawancara juga bisa digunakan kandidat untuk bernegosiasi perihal gaji bila lolos dalam tahap wawancara pengenalan

Meski begitu, ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya tidak diajukan saat sedang wawancara kerja. Apa saja yang tidak boleh ditanyakan saat wawancara kerja?

1. Mengajukan Pertanyaan Pribadi

Sebaiknya jangan menanyakan status pernikahan pewawancara atau gosip tentang pemimpin perusahaan. Pernyataan ini bersifat pribadi dan tidak sepantasnya diajukan. Menayakan hal yang bersifat pribadi dapat menunjukkan Anda bukanlah orang yang profesional.

2. “Apakah bisa menelepon selama bekerja?”

Pernyataan ini dapat menunjukkan Anda bukanlah orang yang fokus d pada pekerjaan. Anda juga akan dicap sebagai orang yang tidak akan fokus 100 persen kepada perusahaan. Maka itu sebaiknya simpan pertanyaan ini sampai Anda benar-benar diterima dan menandatangani kontrak kerja.

3. Menanyakan Gaji

Meski ada kesempatan wawancara negosiasi gaji, Anda tidak diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan ini saat tahap awal wawancara. Anda akan dicap sebagai orang yang arogan dan kasar. Tunggu sampai perusahaan meminta Anda datang untuk wawancara negosiasi gaji Anda.

Baca Juga: 4 Tipe Karakteristik Pencari Kerja yang Akan ditolak HRD

4. Tanya Jam Kerja

Pewawancara juga bisa menganggap Anda adalah orang yang pemalas sebab baru pertama melakukan wawancara Anda sudah menanyakan jam kerja.

Itulah beberapa pertanyaan yang sebaiknya tidak diajukan saat wawancara awal ya! (ms)

Wanita yang saat ini senang berbagi informasi mengenai berita, hiburan, wisata serta informasi lainnya yang dikemas dan disajikan secara menarik. Saat ini telah menjadi penulis portal berita online dari www.optidaily.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY