Profil Perusahaan Pandawa Group yang Dihentikan OJK

SHARE
profil-perusahaan-pandawa-group-yang-dihentikan-ojk

OptiDaily.com – Oteritas jasa Keuangan (OJK) resmi menghentikan kegiatan penghimpunan dana masyarakat yang dilakukan oleh Pandawa Group. Selanjutnya OJK meminta kepada masyarakat untuk tidak lagi menyimpan uang di Pandawa Group.
Lalu apa itu Pandawa Group?

Berdasarkan situs resminya, Pandawa Group adalah lembaga penyedia koperasi simpanpinjam (KSP) Pandawa Mandiri Group yang berlokasi di di Jalan Raya Meruyung No. 8A, RT002/RW024 Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat.

Dengan mengantongi surat izin usaha simpan pinjam berdasarkan keputusan keputusan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Pemilik KSP Pandawa Mandiri Group adalah Salman Nuryanto. Salman hijrah dari kampung halamannya di Pemalang, Jawa Tengah di kota Depok untuk mencari peruntungan di Depok. Ia awalnya berjualan bubur ayam keliling dan menamakan buburnya “Bubur Pandawa”. Dari tukang bubur, Salman Nuryanto berhasil mendirikan sebuah usaha yakni Pandawa Group.

Pada tahun 2015. KSP Pandawa Mandiri Group berhasil membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar 22% kepada Anggota.

Lantas apa penyebab Pandawa Group diberhentikan OJK?

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Pandawa Group sebenarnya berstatus KSP. Akan tetapi OJK menganggap Pandawa Group adalah lembaga yang menghimpun dana masyarakat untuk investasi dan iming-iming bunga 10% setiap bulannya.

Baca Juga: LPPOM MUI Akan Sidak Perusahaan Yang Tidak Memiliki Label Halal

Dari kegiatan itulah, Pandawa berhasil menjaring 1.000 nasabah dengan total dana yang berhasil dihimpun sebesar 500 miliar. OJK akhirnya menghentikan kegiatan Pandawa Group yang mengumpulkan dana masyarakat dan memerintahkan lembaga ini untuk kembali sebagai lembaga Koperasi (KSP). (dsp)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY